RESEP NAGASARI LOYANG Ny. Liem. Tanpa Daun Pisang, Tetap Mantap hasilnya 👍👍


Bikiin Nagasari tapi pake loyang? .. Laaaah, boleh juga neh, maaaak. Secara kalo nyari daun pisang kudu koprol ke pasar dulu, apalagi buat mereka yang lagi diluar negeri. Suliit!

Agak ribet bikinnya pake loyang, karena kudu beberapa kali tuang dan kukus, tapi masih lebih simpel daripada harus bungkus2 satu persatu. Btw, jadi mirip amparan tatak dari Kalimantan yaa, tapi beda lapisannya.

Resep dari Ny. Liem yang kita pakai iniudah heits banget, dibikin simple versi loyang ala mak Frida 😂. Tapi jujur aja, kalo bungkus daun pisang, akan lebih spesial dan wangiiiiii .. ..

Oiya, kalo mo keluarin dari loyang, sabaaaar, jangan buru2, ojo grusa-grusu, kudu tunggu udah adem dan set, jadi ga gompel2, ok ok ..

Nagasari Loyang by @fridajoincoffee

Bahan:

  • 200 g tepung beras
  • 100 gr tepung tapioka
  • 800 ml santan kekentalan sedang 
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • 130 g gula pasir
  • 8 buah pisang kepok

Cara Membuat:

1. Campurkan tepung beras, tepung tapioka, garam, gula pasir dan vanili bubuk.

2. Tuang santan sedikit2, aduk rata. Jika perlu disaring supaya adonan benar2 licin.


3. Panaskan kukusan dengan api sedang, beri 2 helai pandan di air kukusan, alasi tutup dengan kain bersih. Siapkan loyang d18 t7, olesi dengan minyak hingga merata. Kalo perlu dialasi plastik. Mak Frida alasi baking paper aja, supaya mudah melepasnya.

4. Tata di dasar loyang, pisang yang sudah dipotong melintang, bulat-bulat. Lalu tuangi dengan adonan hingga tertutup, tapi jangan banyak2 supaya potongan pisang tidak mengambang. Lalu kukus 7 menit.

5. Tuangi lagi adonan hingga tinggi beberapa cm, kukus lagi 7 menit. Lalu tata potongan pisang diatasnya, tuangi adonan hingga pisang tertutup. Kukus lagi 7 menit.

6. Lalu beri potongan pisang lagi, tuangi adonan hingga pisang tertutup. Kukus lagi 7 menit.

7. Setelah itu tuangi adonan sisanya, lalu kukus lagi selama 30 menit, atau hingga matang.

8. Keluarkan loyang dari kukusan. Biarkan dingin jangan langsung dikeluarkan, karena nagasari masih lembek. Biar dingin dan set, baru keluarkan dari loyang perlahan-lahan dengan cara dibalik loyangnya.

9. Biarkan dingin, lalu potong2 dan sajikan.

1 Response to "RESEP NAGASARI LOYANG Ny. Liem. Tanpa Daun Pisang, Tetap Mantap hasilnya 👍👍"

  1. Thank you for this recipe!!! I tried it and so delicious!

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel