Resep Lepet Singkong. Cemilan Tradisional yang Sehat, Praktis dan Hemat


Singkong, ketela pohon, atau ubi kayu masuk dalam perdu tahunan tropika dn juga subtropika. Selain termasuk dalam makanan pokok nih, ketela pohon atau singkong terutama di bagian daunnya bisa diolah menjadi aneka makanan. Nah, kalo beli singkong nih, sebaiknya jangan pernah simpan di lemari pendingin ya. Selain nggak bisa awet, singkong juga gampang rusak dengan tanda warna biru gelap, sebab asam sianida muncul. Bahkan, bisa beracun loh Bun.

Apa manfaat umbi singkong buat kesehatan? Menurut banyak penelitian nih Bun, singkong itu merupakan sumber energi, tinggi karbohidrat, tapi tingkat proteinnya rendah. Daun singkong ternyata lebih punya kandungan protein dibandingkan bagian umbinya. Adanya singkong di Indonesia baru muncul tahun 1810-an, Bun. Waktu itu, singkong juga ditanam untuk kepentingan komersial, dibawa oleh orang-orang portugis pada abad 16 dari Brasil.

Selain bisa disulap menjadi aneka makanan, ternyata umbi singkong juga bisa loh dikonsumsi mentah. Rasanya manis soalnya ada kandungan pati dan sedikit glukosa. Tapi, kalo sampai teroksidasi, bakalan muncul glukosida racun dan nantinya bakal membentuk asam sianida, jadi rasanya berubah pahit.


Buat Bunda yang pengen masak singkong nih, ada berbagai cara yang bisa dicoba. Misalnya nih, bisa direbus, dibuat tepung singkong atau bikin lepet singkong.

Apa sih lepet singkong? Lepet singkong itu camilan yang khas. Cara bikinnya juga mudah banget, soalnya tinggal parut kelapa, parut singkong dan tambah gula merah. Nah, bikinnya sendiri dalam bentuk lonjong, tinggal dibungkus pakai daun pisang dan terakhir dimasak dengan cara dikukus. Selain bisa buat acara tahlilan, maulidan, atau lainnya, cemilan yang satu ini juga enak disajikan pas keluarga lagi pada santai. Kalo di beberapa daerah juga dikenal sebagai lemet, atau juga timus. Tapi kalo di Jawa Tengah atau Jawa Timur, timus itu sebutan olahan ubi jalar yang digoreng.

Nah, daripada penasaran nih gimana cara bikin lepet singkong, Bunda tinggal ikutin aja resep berikut. Siapkan semua bahannya dan simak semua langkahnya ya. Selamat mencoba!

Bahan-bahan

  • 1 kg singkong
  • 70 gr kelapa parut
  • 1 sdt garam

Isian:

  • 200 gr gula merah, iris
  • secukupnya Kelapa parut

Langkah Membuat:

1. Campur kelapa parut,garam dan kelapa parut.


2. Ambil adonan secukupnya ke daun, beri isian gula merah dan kelapa parut


3. Tutup adonan sampai isian tidak nampak.


4. Bungkus rapi, jangan sampai sobek ya.


5. Kukus selama 25 menit sampai matang.


6. Lepet singkong enak dan legit siap untuk hidangan berbuka puasa😍


Sumber

0 Response to "Resep Lepet Singkong. Cemilan Tradisional yang Sehat, Praktis dan Hemat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel