Bola-Bola Nasi Jagung Manis by @fridajoincoffee

Punya banyak nasi sisa, bingung mau diapain? ini solusinya makk! Anak-anak paling seneng banget kalo dibekalin bola-bola nasi. Jadi ga berasa makan nasi. Pernah bikin dulu dicampur sosis dan wortel. Kali ini nyoba pake campuran jagung manis .. Maa syaa Allaah, lebih uenaaaakk ini, mak!! Kriuk luarnya, lembut gurih manis dalamnya. Cocok deh! .. ..

Btw, Mak Frida terinspirasi dari kuliner India di website werecipe. Tapi karena resep aslinya pake beras basmati yg ga lengket kaya beras biasa, jadi di resepnya ditambah maida alias tepung. Kalo beras pandan wangi mah kagak usah tambah tepung, maaakk .. Dijamin lengket kaya aku dan kamu .. Resepnya simpel aja yaa, pokoknya gampiiiiiiL dah!! In syaa'a Allaah .. ..

Bola-Bola Nasi Jagung Manis
by @fridajoincoffee

Bahan-bahan:

  • 300 gr nasi pulen baru matang
  • 100 gr/1 tongkol jagung manis rebus
  • 2 batang bawang daun, iris halus
  • Sejumput garam
  • Kaldu bubuk secukupnya
  • 2 buah telur kocok lepas
  • 100 gr tepung panir
  • Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat:

1. Selagi panas, tumbuk nasi hingga lembut. Bisa gunakan ulegan yg sudah dibungkus plastik, supaya tidak lengket.

2. Tambahkan jagung manis yg sudah dihancurkan kasar, bawang daun, garam dan kaldu bubuk. Aduk rata dengan centong nasi, sambil koreksi rasa.

3. Bentuk bola2 seberat 30 gr. Karena adonan lengket, supaya mudah caranya gunakan 2 buah sendok, bagi adonan masing2 seberat 30 gr. Kemudian dibentuk bulat dengan menggunakan bantuan plastik, atau tangan bersih yang sudah dibasahin air matang, supaya nasi tidak lengket di tangan.

4. Kemudian celupkan bola2 nasi ke dalam kocokan telur, balur dengan tepung panir. Lakukan step ini 2x, supaya hasilnya kulitnya lebih tebal dan kriuk. Boleh disimpan dalam kulkas dulu supaya set dan tidak rontok ketika digoreng, atau bisa jg langsung digoreng.

5. Goreng dengan minyak panas dengan api kecil. Goreng hingga matang dan permukaannya kering.

6. Resep untuk 12 bola-bola nasi.

Sumber

0 Response to "Bola-Bola Nasi Jagung Manis by @fridajoincoffee"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel