Resep Kaldu Jamur Homemade 🍄

Trend diet sehat memang sekarang semakin menggema di kalangan masyarakat modern. Mereka mulai kembali kepada makanan alami dan sehat tanpa pengawet. penggunaan pengawet dan bahan makanan sintetis juga semkain dikurangi, termasuk penyedap instant yang banyak mengandung bahan kimia.

Penyedap kimiawi itu pada dasarnya makanan yang paling disukai patogen (sel2 penyakit). Dengan selalu mengkonsumsi penyedap kimia, berarti tubuh kita membiarkan patogen menjadi semakin berkembang liar. Patogen tersebut dengan suka hati membentuk benteng2 plak dalam tubuh kita, yang akhirnya akan menjadi bibit2 penyakit.

Misalnya dia membentuk plak dalam saluran benih, maka jadilah penyakit seperti miom, kista, mandul, haid tdk teratur dll. Jika patogen membentuk karang pada sel2 pembuluh darah, akhirnya timbullah kolesterol, darting, asam urat dll.

Maka dari itu, yuk mulai diubah dari bumbu masakan terlebih dahulu. Hindari penyedap kimiawi dan ganti dengan yang lebih alami, non pengawet. Cuss  langsung aja simak resepnya berikut ini:

Bahan-bahan :

  • 1 kg jamur tiram atau jamur merang
  • 1 ikat daun seledri
  • 2 luncang / daun bawang
  • 1 bh bawang bombay
  • 1 bonggol bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 1 bh wortel
  • 2 sdm gula
  • 1 sdt garam

Langkah-langkah:

1. Siapkan bahan2nya terlebih dahulu. Kupas bawang putih, bawang bombay, bawang merah, lalu cuci bersih jamur tiram dari kotorannya. Peras sampai kering, sisihkan.

2. Iris tipis2 bawang putih dan bawang merah. Iris tipis juga bawang bombay. Kemudian blender secara bersamaan sampe halus. Tuang ke dalam wajan.

3. Potong-potoong wortel, daun seledri dan daun bawang. Blender sampai halus. Kemudian tuang lagi ke dalam wajan tadi.

4. Terakhir, potong kecil-kecil jamur dan blender sampe halus. Setelah itu masukkan juga ke dalam wajan. Aduk rata semua jadi satu.

5. Tambahkan 2 sdm gula dan garam, lalu nyalakan api kompor. Aduk-aduk terus supaya tidak hangus di dasar wajan. Aduk sampe adonan menjadi sangat lengket dan mengering. Dianjurkan unt memakai wajan anti lengket supaya memudahkan dlm pengadukan dan adonan tidak lengket di wajan.

6. Bisa juga dikeringkan lewat oven supaya tidak capek mengaduk.

7. Setelah di-oven sekitar 60 menit, angkat dan dinginkan sambil dicuil-cuil. Kemudian blender sampai halus.

8. Setelah di-blender, ayak untuk memisahkan yang halus dan kasar. Butiran yang masih kasar bisa diblender lagi sampai halus. Harum banget aromanya lho.

Sumber

0 Response to "Resep Kaldu Jamur Homemade 🍄"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel