KEMBUNG KUKUS KUAH ASAM. Ikannya Seger Banget, Apalagi Disiram Kuah Asam Pedesss... Tambah Seru Makannya


Ini dia pilihan menu sehat tanpa minyak: Kembung Kukus Kuah Asam. Ikan kembungnya seger banget, jadi enak manis.. apalagi disiram kuah asam yang pedesss... tambah seru makannya.. Alhamdulillah

Catatan: Teman-teman yang baik, mohon jangan mencela makanan ya, kalau gak suka ya jangan di makan, jangan di lihat.., gak perlu meninggalkan jejak dengan komen yang gak baik.. makanan itu salah satu rejeki dari Allah Subhanahu wa ta'ala, bersyukurlah masih bisa makan, yuk kita gunakan sosial media dengan bijak, karena kelak di akhirat nanti semua akan di pertanggungjawabkan😊

KEMBUNG KUKUS KUAH ASAM
by: @aras_galeri

Bahan:

  • 500gr ikan kembung segar
  • 1 jeruk nipis

Kuah asam:

  • Segenggam cabe rawit ijo
  • 2 cabe rawit merah
  • 4 siung bawang merah
  • 1/2 tomat merah
  • 1/2 sdm asam jawa
  • 1/2 sdt terasi goreng
  • Garam & kaldu bubuk

Cara Memasak:

1. Bersihkan ikan, buang ingsangnya (bisa minta tolong yg jual) trus keluarin kotoran di perut ikan, caranya di congkel pake sumpit atau ujung piso yg runcing pelan-pelan dari leher ikan, ini buat yg sering nanya gmn cara bersihin kotoran di perut ikan, kalau ikannya segar perut gak akan robek wlpun kotoran di bersihin😊

2. Lumuri ikan dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan sekitar 15 menit lalu bilas, bumbui lagi ikan dengan garam & air jeruk nipis lalu kukus selama 30menit (alasi kukusan dengan daun pisang biar ikan gak lengket)

3. Larutkan terasi goreng, asam jawa, garam & kaldu bubuk dengan 1/2 gelas kecil air panas, lalu saring.. campurkan dengan irisan cabe, tomat dan bawang merah

4. Saya nggak tetesi air jeruk limo lagi krn pas di icip udah ashem, jadi jeruk limo buat hiasan aja👌

5. Tata ikan kukus di piring, siramkan kuah asam, selamat menikmati❤

1 Response to "KEMBUNG KUKUS KUAH ASAM. Ikannya Seger Banget, Apalagi Disiram Kuah Asam Pedesss... Tambah Seru Makannya"

  1. Mantap mantap bangett bun.. aku suka banget menu2 indonesia nya.. resep resep nya oke punya. Aq suka banget baca artikel2 ini yg kmren2 juga ada makanan dan jajanan jadul. Artikel nya juga gk bosen bcanya kdg bkin lucu juga,, 😊 Pokok nya i love it so much buat yg posting menu2 nya mmuuaacchhh. 😘😘😄Semangat n sukses terus buat postingan slanjut nya.... 🤗🤗🤗

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel