RESEP KUE ACI/ BANGKIT SANTAN. Perpaduan Wangi Santan, Manis Gurih Yang Renyah Dan Lumer di Mulut


Kembali ke selera jadul mak... Ini dia kue kampung dengan bentuk dan bahan yang sederhana tapi rasanya ngangenin.Namanya kue Aci alias Bangkit Santan. Kue ini menghadirkan perpaduan wangi santan, rasa manis gurih dengan tekstur yang renyah dan lumer di mulut bener2 bikin susah berhenti nyomot.... Ada yang suka sama kui ini mak? 😁

KUE ACI/ BANGKIT SANTAN
By: Wawa Wiati

Bahan:

  • 500 g tepung kanji/ tapioka, ditimbang setelah disangrai
  • 5 lembar daun pandan dipotong potong
  • 120 g gula halus ( saya gula pasir di blender bersama garam )
  • Sejumput garam
  • 2 kuning telur
  • 60 g margarin
  • 180 -200 ml santan kental ( saya santan instan tanpa dicampur air)

Cara:

  1. Sangrai tepung tapioka bersama potongan daun pandan dengan api kecil sampai daun pandan benar2 mengering dan tepung terasa ringan (saya 650 gr karena tepung akan menyusut setelah disangrai, sisanya buat cadangan kalo adonan kelembekan )
  2. Dinginkan ( saya dibiarkan sehari )
  3. Campur telur, margarin, garam dan gula dalam wadah yang cukup besar.
  4. Kocok dengan whisker atau mixer sampai gula larut dan semua tercampur rata ( saya: gula, garam, telur, margarin dan santan diblender biar cepet 😁 )
  5. Masukan tepung kanji, lalu uleni sambil dituangi santan sedikit demi sedikit sampai tercampur rata dan adonan bisa disatukan semua, tidak beremah. Kalo adonan terlalu kering tidak bisa disatukan boleh ditambah santan. Yang perlu diingat adonan memang tidak selembut adonan kue kering biasa yaa ... Sedikit kering dan kalo ditekan agak ambyar jadi butuh tenaga ekstra buat menipiskannya sebelum dicetak. Jangan tergoda untuk terus menambah santan supaya adonan jadi lembut yaaa ...adonan yg terlalu lembut menyebabkan kue kurang lumer setelah matang.
  6. Cetak adonan dengan cetakan kue satu atau cookie cutter. Jangan terlalu tebel supaya matang luar dalam. Panggang dengan api sedang sampai matang.
  7. Dinginkan lalu simpan dalam toples yang bisa ditutup rapat. Jangan sampai kebanting atau jatuh ya karena kue agak rapuh.

Sumber

0 Response to "RESEP KUE ACI/ BANGKIT SANTAN. Perpaduan Wangi Santan, Manis Gurih Yang Renyah Dan Lumer di Mulut"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel