Dengan Resep Ini, Gak Perlu Jajan Bakso Lagi Seterusnya.. πŸ˜πŸ‘


Assalammu'alaikum temen-temen, sejak desember 2018 saya sudah gak pernah jajan bakso lagi di luar... Jadi kalo pengen ya bikin sendiri. Selain lebih enak juga lebih aman dan sehat. Apalagi kalo inget kasus puluhan ton daging nggak jelas yang beredar di bandung tempo hari.

Ini dari pagi kepala nyut-nyut an migren, Alhamdulilah di freezer masih ada stok pentol bakso 30 biji tinggal bikin kuahnya.. nikmat banget ngebakso siang-siang gini.. bener-bener obat pusing😬 Alhamdulillah..

BAKSO SAPI
by: @aras_galeri

Bahan:

  • 1kg daging sapi
  • 100 gr tepung sagu
  • 100 gr tepung tapioka
  • 10 cube es batu (2x2 cm)
  • 2 sdm bawang merah goreng
  • 12 siung bawang putih goreng
    * bawangnya di goreng utuh gak usah di iris
  • 2 sdt garam
  • 4 sdt kaldu bubuk non msg *rasa sapi
  • 3 putih telor ayam kampung
  • 2 sdt baking powder
  • 1 sdt lada bubuk

Caranya:

1. Haluskan daging, es batu, bawang goreng dan bumbu menggunakan chopper / food processor, lalu tambahkan tepung tapioka dan tepung sagu, haluskan kembali sampai tercampur rata, trakhir masukkan putih telor, haluskan kembali
2. Masukkan adonan dalam wadah tertutup, simpan dalam frezer sambil menunggu air mendidih

3. Panas kan air dalam panci sampai mendidih, lalu kecilkan apinya, bentuk adonan bakso menggunakan jari telunjuk dan jempol, setelah bulat pindahkan ke panci pake sendok makan

4. Setelah semua adonan jadi bakso, masak dengan api sedang sampai bakso mengapung

5. Rendam bakso dalam air es agar berhenti proses masaknya dan bakso tetap kenyal, lalu tiriskan

KUAH BAKSO:

1. Rebus air sampai mendidih, atau bisa pakai sisa air rebusan pentol bakso (disaring dulu) lalu masukkan tetelan sapi / iga sapi / tulangan sapi / sandung lamur *sesuai selera
setelah mendidih buang kotoran daging yang mengapung di atas panci.

2. Tumis bawang putih yg sdh di ulek halus, tambahkan lada bubuk, setelah harum masukkan dalam kuah bakso, masak dengan api kecil sampai tetelan / iga empuk, trakhir bumbui dengan garam dan kaldu bubuk non msg, lalu masukkan bawang putih goreng yg sdh di ulek halus

* untuk kuah 30 buah bakso sy pake 5 siung bawang putih kating, 1/2 sdt lada bubuk, 1 sdm bawang putih goreng
* sajikan bakso kuah dengan pelengkap sesuai selera, sy pake sambel, saos homemade, kecap non kedelai, air perasan jeruk nipis, seledri & bawang goreng

semoga bermanfaatπŸ€—

Sumber

0 Response to "Dengan Resep Ini, Gak Perlu Jajan Bakso Lagi Seterusnya.. πŸ˜πŸ‘"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel