MIE AYAM YAMIN HOMEMADE. Buka Puasa Pake Ini Yuk Mak πŸ˜„


https://www.instagram.com/rikhatiwi/Assalamualaikum...

Salah satu yang paling dikangenin selama #dirumahaja adalah jajan mie ayam ples minum es kelapa jeruk πŸ˜„. Duh apalagi pas bulan puasa gini. Makin meningkat deh keinginannya wkwk... Obatnya tak lain dan tak bukan adalah dengan bikin sendiri.

Makanya takjil sore ini aku buat mie ayam yamin, Sekalian aku buat toppingnya agak lebih, jadi kalau mie nya habis ayamnya buat makan nasi nakanak πŸ˜‚. Buat Bunda di rumah yang mau nyoba juga, monggo ikuti resepnya di bawah ini yaa..

MIE AYAM(YAMIN) ala @rikhatiwi

Bahan:

  • 1 bungkus mie ayam
  • 700gr dada ayam fresh
  • Telur rebus, secukupnya
  • Kecap manis, secukupnya
  • Kecap asin
  • 1,5lt air.
  • 3 lembar daun salam.
  • 5 lembar daun jeruk.

Pelengkap:

  • Daun bawang, iris
  • Kerupuk pangsit.
  • Sawi ijo, rebus.
  • Sambel bakso

Bumbu Halus Tumisan ayam:

  • 7 siung bawang putih.
  • 2 bh kemiri
  • Seruas, kunyit.
  • Seruas, jahe.
  • Seruas, lengkuas.
  • Garam, gula, kaldu bubuk, merica, secukupnya.

Cara Membuat:

1. Potong dadu dada ayam, sisihkan.

2. Tumis bumbu halus hingga wangi, masukan daun salam, daun jeruk tumis hingga matang. Masukan air bersih, setelah mendidih masukan potongan dada ayam, bumbuin garam, gula, merica, kaldu bubuk, kasih cekap manis, kecap asin.

3. Tutup wajan, masak dg api kecil, biarkan kuah agak surut tp gak kering ya(nyemek). Tes tusuk garpu ayamnya empuk atau blm.

Penyelesaian:

1. Didihkan air, rebus mie sebentar aja kira2 1 menit, angkat tiriskan.

2. Siapkan mangkok= kasih 3 sdm bumbu/kuah ayam+1 sdm kecap asin aduk rata, masukan mie yg telah direbus, aduk(ala-ala kang mie ayam gais)πŸ˜… sampe mie coklat rata (aku gak pake kuah ya. Kalau kalian mau pake kuah sihkan pake air kaldu)

3. Kasih topping ayam, kerupuk pangsit, sambel.

MasyaAllah nikamatnyaπŸ˜‹ Selamat mencoba yaa gaisπŸ’

Sumber

0 Response to "MIE AYAM YAMIN HOMEMADE. Buka Puasa Pake Ini Yuk Mak πŸ˜„"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel