Resep Tape Ketam Item. Legit dan Maniss!


Belajar bikin tape. Alhamdulilllaah, hasilnya manis semanis yg bikin... Ewww! 😄. Untuk takaran ragi selalu tanya dulu ke penjualnya yaa karena takaran ragi beda-beda. Lumayan buat variasi camilan di rumah bun..

TAPE KETAN HITAM
By: Wawa Wiati

Bahan:

  • 750 g beras ketan hitam + 750 g beras ketan putih ( perbandingan gak mutlak. Boleh dibanyakin ketan hitam/ putih atau full ketan hitam /ketan putih aja )
  • 1 butir ragi tape
  • 900-1000 ml air mendidih
  • 4-5 sdm gula pasir butiran halus ( boleh di skip)

Cara:

1. Bersihkan beras ketan dr kotoran, pasir dan gabah. Cuci bersih lalu rendam minimal 4 jam ( saya 6 jam). Tujuannya supaya beras ngembang dan lunak.

2. Cuci kembali beras yg sudah direndam. Tiriskan.

3. Siapkan kukusan. Isi dg air secukupnya. Tunggu sampai air mendidih.

4. Masukan beras ketan ke dm kukusan. Kukus selama kurleb30 menit sampai beras menjadi lengket dan keket.

5. Keluarkan dari kukusan, taruh dlm wadah lalu siram dengan air mendidih, aduk rata. Tutup dan biarkan sampai meresap kurleb 20 menit. Kukus kembali sampai benar2 matang (sekitar 30 menit)

6. Keluarkan dr kukusan. Taruh di wadah yg besar (saya pakai tampah dialas daun pisang). Biarkan sampai benar2 dingin

7. Sementara itu siapkan ragi. Masukan ke dlm plastik lalu haluskan.

8. Setelah ketan benar2 dingin taburi ragi dg cara disaring secara merata diatas permukaan ketan sambil diaduk dg sendok kayu . Taburi juga dg gula pasir.

9. Lakukan sampai ragi dan gula habis. Aduk sampai rata. Fungsi gula disini bukan pemanis yaa tapi sebagai pendukung proses fermentasi karena konon katanya gula itu makanan rag. Tanpa gulapun hasilnya tetep manis kok.

10. Pindahkan ketan yg telah dicampur ragi ke dalam toples atau wadah yg sudah dialas daun pisang. Tutup dg daun pisang lalu tutup wadah dan biarkan 2-3 hari.

11. Setelah 2 hari di cek, kalo sudah manis dan berair berarti tape sudah jadi.

12. Bisa dipindah ke kulkas. Kalo blm manis tunggu sampai 3 hari mungkin masih butuh waktu fermentasi krn reaksi ragi kadang beda2

13. Setelah berhari2 biasanya tape baunya makin menyengat dan rasanya berubah agak pahit. Untuk mencegahnya tape bisa dimasak sampai mendidih untuk mematikan ragi dan menghentikan proses fermentasi. Simpan di kulkas.

Sumber

0 Response to "Resep Tape Ketam Item. Legit dan Maniss!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel