RESEP DENDENG BATOKOK. Punya Stok Daging Sapi? Bikin Ini Aja Yuk!


Dendeng basah vs dendeng kering semua punya fans masing-masing yah.. kalo saya suka dua-duanya😅. Kali ini edisi dendeng basah alias dendeng batokok.. dan masih setia pake resep andalan.. irisan daging sapi nya di ungkep dulu pake bumbu dan air kelapa, jadi dendeng nya di makan gitu aja gak pake balado merah pun udah enak gurih endulita.. MasyaAllah..

mungkin temen-temen ada yang mau bikin pake daging kurban nanti, boleh dicoba resepnya yah

DENDENG BATOKOK
by: @aras_galeri

Bahan: 500gr daging sapi

Bumbu balado:

  • 1.5 ons cabe merah kriting
    (bisa ganti cabe merah besar)
  • 5 cabe rawit merah
    (bisa di skip kalau gak mau pedes)
  • 1 tomat
  • 8 siung bawang merah
  • Garam

Bumbu untuk ungkep dendeng:

  • 8 siung bawang putih ulek halus
  • 1/2 sdm ketumbar bubuk
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 1/2 sdm asam jawa, larutkan dengan air matang sekitar 1/4 gelas, lalu saring
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • Seruas jahe di ulek halus / di geprek juga bisa
  • Air kelapa sekitar 400ml
    (kalau air kelapanya kurang, boleh tambah air biasa, kira-kira aja ya sampai daging terendam saat di ungkep)
  • Garam

Caranya:

1. Potong daging sapi jadi dendeng sesuai arah serat daging, kalo gak bisa minta tolong sama yang jual ya

2. Dalam wajan masukkan daging sapi, bumbu ungkep dan air kelapa, masak sampai mendidih, setelah mendidih kecilkan api, tutup wajan, masak dengan api kecil sekitar 1.5 jam, sampai daging empuk bumbu meresap dan kuah menyusut, lalu tokok/pukul daging pake ulekan (pelan-pelan ya pake perasaan.. jangan sampe hancur dagingnya) 😄

3. Goreng dendeng sebentar dalam minyak panas, sisihkan

4. Ulek kasar bumbu balado, tumis dalam minyak panas sampai harum dan cabe matang, campurkan dengan dendeng, selamat menikmati😊

SUMBER

0 Response to "RESEP DENDENG BATOKOK. Punya Stok Daging Sapi? Bikin Ini Aja Yuk!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel