RESEP CIRENG GUYUR. Sekali Coba Pasti Suka πŸ‘πŸ˜


Dapet ilham jam 2 siang kemarin setelah nonton youtube lalu pergi ke dapur, padahal biasa jadwal ku ke dapur harusnya dari jam 7-12 aja, kalo udah lewat dari jam itu gak mau aku kerja dapur lagi 🀣

Karena ngiler liat orang ngereview cireng yg disiram kuah, jadi latah pengen ikutan makan πŸ˜… aku mah gitu mudah ileran liat org makan, makanya agak susah diet πŸ˜ͺ tapi tenang aku ilerannya gak keliatan kok maaak, cuma dalem hati aja 🀣

CIRENG GUYUR
By: @reystafauzia

Bahan Biang:

  • 100 gr tepung tapioka/sagu
  • 4 sdm "agak munjung" tepung terigu
  • 250 ml air
  • 5 siung bawang putih, haluskan
  • Garam

Bahan Tambahan:


  • 150 gr tepung tapioka/sagu
  • 50 ml air

Bahan Kuah Guyur:

  • 500 ml air
  • 5 bj cabe merah, haluskan
  • 10 bj cabe rawit, haluskan (aku skip)
  • 5 siung bawang merah, haluskan
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sdt merica bubuk
  • ½ sdt terasi (boleh skip)
  • 2 sdm gula merah
  • Garam
  • Gula

Bahan Pelengkap:

  • Daun bawang, iris
  • Cabe kering tabur
  • Jeruk nipis

Caranya:

1. Campurkan bahan biang jadi 1 di dalam panci, aduk rata. Hidupkan kompor, masak dan aduk bahan biang sampai berubah menjadi seperti lem.

2. Masukkan biang ke dalam baskom dan campurkan adonan biang dgn tepung tapioka. JANGAN DIULEN, cukup dicubit-cubit dan ditarik-tarik sampai lepas adonannya, biarkan adonan berhambur. Setelah itu tuang 50 ml air sedikit demi sedikit, cubit dan tarik-tarik lagi agar tercampur rata. Lalu bentuk dgn cara dikumpulkan jadi satu adonan yg berhambur, lalu ditekan bagian tengahnya agar saling menempel.

3. Goreng cireng, angkat dan tiriskan.

4. Buat kuahnya. Panaskan air hingga mendidih, masukkan bumbu halus, merica, gula merah, terasi, gula dan garam. Masak hingga mendidih lagi, koreksi rasa, angkat.

5. Sajikan cireng di dalam mangkok, lalu guyur dgn kuahnya, taburi juga irisan daun bawang, cabe tabur dan perasan jeruk. Sajikan.

Note: Penambahan air dimenit terakhir sebelum pembentukan cireng wajib dilakuin ya maaak, soalnya itu yg bakal bikin hasil cirengnya crispy di luar dan lembut di dalam. Kalo buatnya cuma sampe di step nomor 6 trus langsung bentuk, crispynya gak bakal lama, karna gak lama setelah diangkat bakalan melenyot alias kempes dan kenyal aja, gak ada crispy-crispynya 😁

Sumber

0 Response to "RESEP CIRENG GUYUR. Sekali Coba Pasti Suka πŸ‘πŸ˜"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel