Resep Keripik Tempe Kriuk. Gurih Dan Renyahnya Bikin Nambah Terus!


Keripik tempe merupakan salah satu jenis makanan tradisional. Bahan utama buat bikin keripik ini adalah tempe. Kripik tempe tentu aja nih Bun berbeda dengan keripik lainnya. Misalnya nih keripik singkong atau kentang yang dibuat dari singkong dan kentang. Tentu Bunda udah tau dong kalo keripik tempe ini pakai kedelai sebagai bahan dasarnya. Nggak heran ya kalo citarasanya bener-bener khas. Kripik tempe ini juga populer di Indonesia loh Bun. Salah satu daerah dimana keripik tempe bisa gampang ditemukan adalah di Ngawi, Jawa Timur soalnya emang makanan khasnya.

Bentuk keripik tempe emang sangat tipis, jadi teksturnya bener-bener empuk dan renyah. Nggak cuman itu, tempe juga punya rasa guih yang khas. Kalo di Indonesia, keripik tempe tersedia dengan berbagai rasa dan bentuk, jadi tiap daerah punya ikonnya masing-masing deh ya kalo bikin keripik tempe.

Cara mengolah keripik tempe juga nggak jauh beda kok sama tempe goreng biasanya. Bedanya nih cuman di bagian proses memotongnya. Untuk bikin keripik tempe, tempe dipotong-potong. Memotonya juga pakai alat khusus, supaya tempenya nggak ancur. Nah, irisan tempe juga harus dicelup dalam adonan bumbu terlebih dahulu. Soalnya biar kerasa gurihnya sampai ke dagingnya. Kalo sudah, tempe tinggal digoreng kering pakai minyak sedang supaya bisa mengembang dan nggak gampang gosong. Nah, baru deh keripik tempe yang udah matang dibungkus dalam plastik rapat supaya rasa renyahnya bisa awet.

Soal citarasanya, tergantung masing-masing daerah. Kalo di Ngawi, keripik tempe yang khas adalah yang bentuknya kotak. Selain itu, irisannya juga bener-bener tipis. Nggak heran kalo rasanya bener-bener renyah. Bukan cuman itu, adonan tepungnya juga jauh lebih sedikit. Jadi rasa gurih tempenya bener-bener sempurna.

Kalo nyari keripik tempe nih, Bunda mungkin harus wisata kuliner dulu ke Ngawi. Di Ngawi, keripik tempe juga dijadikan oleh-oleh wisata kuliner. Kalo Bunda kangen dengan keripik tempe yang gurih dan renyah, Bunda bisa kok cobain bikin sendiri di rumah. Caranya tinggal ikutin aja resep dan langkah membuatnya berikut.


Bahan-bahan

  • Tempe
  • 250 gr tepung beras
  • 2 sdm tepung tapioka
  • 320 ml air

Bumbu halus :

  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 sdt ketumbar
  • 1 ruas kencur

Langkah Membuat:

1. Potong iris tempe tipis tipis. Sebaikanya gunakan pisau tajam.


2. Campur bahan dengan bumbu halus. Dan celupkan tempe selembar ke adonan tepung. minyak dan


3. Goreng dengan minyak panas dan api sedang sampai coklat keemasan.


4. Yummy.. Renyah dan gurih banget.


Sumber

0 Response to "Resep Keripik Tempe Kriuk. Gurih Dan Renyahnya Bikin Nambah Terus!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel