Resep Chicken Lollipop Super Simple. Rasanya Gurih Banget.


Pernah liat chicken lollipop nggak Bun? Atau mungkin pernah nyicipin? Chicken lollipop atau chicken drumstick sebenernya nih bukan makanan asli Indonesia. Makanan yang satu ini cukup populer sebagai salah satu masakan khas Cina India loh, Bun. Lollipop ayam dibuat dengan menggunakan daging ayam, terutama di bagian sayapnya. Nah, daging ini dipotong lepas, terutama nih dari ujung tulang sampai ke bagian bawah. Kalo mau bikin lollipop ayam, enaknya nih dimakan pas lagi panas-panasnya. Rasanya bener-bener sempurna, apalagi kalo ada saus Szechuan.

Selain sayap, Bunda juga bisa kok pakai bagian paha untuk bahannya, terutama di bagian tengahnya. Nah, bagian tengahnya ini ada tulangnya, dimana salah satu tulangnya nih harus dibuang dulu ya Bun. Chicken lollipop juga dilapisi dengan adonan merah yang pedas, yang dibuat dari bubuk cabe merah dan juga kunyit. Setelah itu, baru deh chicken lollipop direndam dalam beberapa jam. Kalau sudah ready, tinggal digoreng di dalam minyak yang cukup banyak. Selain digoreng, Bunda juga bisa kok memanggangnya. Nah, untuk bagian tulang yang tampak, biasanya nih dibungkus pakai aluminum.

Chicken lollipop ini emang tampak menarik ya Bun, soalnya mirip lollipop. Selain itu, Bunda bisa memasaknya buat cemilan atau buat lauk. Bahan-bahannya juga tergolong simpel. Dijamin deh bikin chicken lollipop nggak bakalan bikin kantong Bunda kosong. Soalnya, bahan utamanya cuman ayam, tinggal sesuaikan aja mau bikin berapa porsi. Sisanya, Bunda mungkin harus belanja tepung roti, tepung terigu, dan telur yang diambil putihnya aja.

Untuk informasi lengkapnya, Bunda tinggal ikutin aja deh resep chicken lollipop berikut. Kalau semua bahannya udah dapet, jangan lupa untuk cek ulang ya Bun, soalnya bisa nyesel deh kalo sampe ada bahan yang kelupaan buat belanjanya.


Bahan-bahan:

  • 1 kg sayam ayam
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 3 sdt garam (disesuaikan aja)

Bahan utk panir:

  • Tepung terigu
  • Putih telur
  • Tepung roti

Langkah Membuat:

1. Potong tiap sayap ayam jadi 3 bagian. Bagian yg paling ujung, paling kecil, tidak digunakan. Hanya bagian atas yg paling besar dan tengah saja. Ambil 1 bagian, kerat bagian ujungnya utk melepas daging, kemudian tarik ke bagian pangkalnya sambil dibalik. Utk bagian tengah sama juga, hanya krn ada 2 tulang di bagian itu, tulang yg kecil dibuang ya... Campur dengan semua bumbu, simpan di kulkas biar meresap.


2. Panir tiap2 ayam dengan urutan: terigu dulu, kemudian celupkan rata di putih telur, kemudian ke tepung roti sambil ditekan2 supaya berbentuk bulat seperti lollipop. Sisihkan, simpan di kulkas supaya tepung menempel bagus.


3. Lucu ya... kayak lollipop 🍭 xixixixi


4. Goreng dengan minyak banyak dan panas pake api kecil aja supaya matang sampe ke dalam. Kalau terlalu besar apinya nanti gosong luarnya, dalamnya masih mentah... Goreng sampe kecoklatan, tiriskan ya...


Nah, gimana nih Bun? Gampang kan cara bikinnya? Selain itu, rasanya juga gurih dan sedap. Aroma daging ayamnya juga kemana-mana. Karena pakai bagian paha atau juga sayap, dagingnya juga lumayan banyak. Pasti deh menu yang satu ini cocok buat semua kalangan. Selamat mencoba ya Bun!

Sumber

 

0 Response to "Resep Chicken Lollipop Super Simple. Rasanya Gurih Banget."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel