Resep Grontol Jagung. Camilan Jadul Yang Sederhana Tapi Bikin Kangen

Di rumah ada stok jagung beberapa hari yg lalu, tapi malah bingung mau dimasak apa 😄. direbus doang udah bosen dan pas makannya bikin sakit gigi cuuuy 😂. Apalagi ini tipe jagungnya lumayan keras.

Karna banyak yang bilang enak dibikin grontol jagung akhirnya kita coba bikin deh. Tadi ekspektasinya si jagung bakal merekah bulat membesar seukuran kelereng, ternyata udah direbus lama sampe 2 jam pake presto pun ternyata gak berubah bentuknya, tetep kecil 😂.

Baca-baca di blog orang sih katanya jagung pipil sebaiknya direbus dengan air kapur sirih agar kulit biji jagungnya pecah. Setelah air rebusan dibuang, biji jagung dicuci dengan tangan untuk membuang kulitnya. Kalau mau coba jangan lupa langkah yang ini ya maakk 😅.

GRONTOL JAGUNG
By: @reystafauzia .

Bahan-bahan:

  • 7 bh jagung yg keras/jagung kering
  • 300 gr kelapa agak muda parut
  • Garam
  • Gula

Caranya memasak:

1. Pipil jagung, lepaskan dari buahnya, lalu rebus dgn presto atau bisa juga pake panci biasa (kalo jagungnya keras, agak lama ngukusnya) hingga jagung matang dan merekah. Sisihkan.

2. Kukus kelapa parut dan beri sedikit garam, aduk rata, masak selama selama 5-7 menit.

3. Sediakan piring campur jagung yg sudah direbus, kelapa parut dan gula, aduk rata, sajikan.

Ngerebusnya gak mesti pake presto ya mak, bisa juga pake panci biasa. Ini karna kemarin jagung yg aku beli tipenya keras bangeet dan cocok buat dibikin nasi jagung makanya aku ngerebusnya pake presto. Bisa juga kalo mau bikin gak mesti pake jagung yg keras atau jagung kering yaaa, kalo mau lebih mudah ya bisa pake jagung manis, masaknya lebih cepat dan gak ribet 😁.

SUMBER

0 Response to "Resep Grontol Jagung. Camilan Jadul Yang Sederhana Tapi Bikin Kangen"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel