SAMBEL CUMI ASIN SUPER PEDAS! πŸ˜…


Assalammu'alaikum temen-temen, tadi siang pingin makan yang pedes-pedes, trus bikin sambel cumi asin di campur sedikit jengkol.. tapi ternyata malah kepedesan, ini cocok nya buat yang level pedesnya udah profesional, makan cabe berasa makan cemilan, kalo level pedesnya masih amatir kayak saya bener-bener gak kuat deh, nyobain dikit udah nyerahπŸ˜…. Jadi kalau mau coba resep ini silahkan dikira-kira sendiri jumlah cabenya ya, hehe..

SAMBEL CUMI ASIN SUPER PEDAS
by: @aras_galeri

Bahan:

  • 250gr cumi asin
  • 5 keping jengkol tua *1 jengkol potong 4
    -kalo gak doyan jengkol bisa di skip ya
  • 2 lbr daun jeruk
  • 2 tomat merah potong dadu
  • 10 siung bawang merah iris kasar
  • 5 siung bawang putih cincang
  • Garam, gula dan kaldu bubuk

Bumbu sambel ulek kasar:

  • 5 cabe merah kriting
  • 5 cabe ijo kriting
  • segenggam cabe rawit merah
  • segenggam cabe rawit ijo

Caranya:

1. Goreng jengkol sampai matang, sisihkan. Untuk cara menghilangkan baunya silahkan pake cara andalan masing-masing ya.

2. Cuci bersih cumi, potong sesuai selera, buang kotoran & plastiknya, rebus cumi sekitar 10 menit, bilas dan tiriskan.

3. Tumis bawang putih cincang, setelah harum masukkan irisan bawang merah, setelah bawang layu masukkan potongan tomat dan daun jeruk, aduk sampai rata lalu masukkan cumi dan bumbu sambel, masak sebentar dengan api besar, tambah 1/2 gelas air matang, setelah mendidih tutup wajannya.. masak dengan api keciiil sampai tanak (keluar minyak), bumbui garam, gula dan kaldu bubuk.

4. Setelah cumi matang, masukkan jengkol goreng, aduk sampai jengkol tercampur dengan sambelπŸ‘.
Semoga bermanfaat ya😊

Sumber

0 Response to "SAMBEL CUMI ASIN SUPER PEDAS! πŸ˜…"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel