Resep Bolen Pisang Coklat Keju. Nggak Kalah Sama Boleng Yang Terkenal Itu Lhoo

Roti bolen nih mak. Biasanya jadi oleh-oleh khas Bandung. Tapi sekarang nggak kudu kesana kalau pingin. Cukup bikin sendiri nggak kalah deh enaknya, hehe. Asli enak banget nih, gak bosen makan banyak sekalipun wkwk. Kayak bolen yang terkenal itu lho rasanya 🤤🤤. Begitu mateng langsung habis 3 biji nih 😂. Langsung aja disimak resepnya ya 😘

Bolen Pisang Coklat Keju
By @fithriya79

Bahan A:

  • 100 gr tepung terigu protein tinggi
  • 75 gr margarin

Bahan B:

  • 200 gr tepung terigu protein tinggi
  • 2 sdm gula halus
  • Sejumput garam
  • 75 gr margarin
  • 70 ml air (disesuaikan)

Isian:

  • Pisang secukupnya, jenis pisang sesuai selera
  • Keju cheddar potong2 sesuai selera
  • Meises secukupnya

Topping: keju cheddar parut dan meses secukupnya

Cara Membuat

1. Panaskan sedikit margarin, lalu goreng pisang hingga kecoklatan, angkat sisihkan, bisa juga dikukus

2. Campur bahan A dalam wadah, uleni hingga tercampur rata dan tidak lengket ditangan. Bungkus dgn plastik, simpan dikulkas 15 menit.

3. Bahan B: dalam wadah campur terigu, gula dan garam lalu aduk rata. Tambahkan margarin, uleni hingga berbutir, tambahkan air sedikit2 hingga tercampur rata dan tidak lengket ditangan. Bungkus dgn plastik, simpan dikulkas 15 menit.

4. Ambil bahan A, bagi 20 bagian, lalu bulatkan, tutup plastik, biarkan disuhu ruang. Ambil bahan B, bagi 20 bagian, lalu bulatkan, tutup plastik.

5. Ambil satu bulatan bahan B, gilas tipis, lalu taruh satu bulatan bahan A diatasnya, lipat adonan seperti amplop, balikkan adonan lalu gilas tipis lagi, dan lipat lagi seperti amplop. Lakukan hal yg sama hingga selesai, tutup dgn plastik biarkan 15 menit disuhu ruang. Potong pisang sesuai selera.

6. Ambil satu lipatan adonan, gilas tipis, beri isian pisang, potongan keju dan meses, lalu lipat kanan dan kiri, dan gilas pinggirannya, kemudian lipat kembali. Susun diloyang yang telah dioles margarin. Lakukan hingga selesai. Oles permukaan adonan dengan kuning telur, taburi topping sesuai selera.

7. Panggang hingga matang dioven yang sudah dipanasi sebelumnya, sesuaikan oven masing-masing

Note:

*Saya pake oven tangkring, dengan api kecil dipanggang di rak bawah selama 50 menit, lalu rak atas 10 menitan.
*adonan gak sy timbang
*ukuran loyang disesuaikan dengan yang ada aja, kue gak ngembang, jd gak perlu dikasi jarak.

Sumber

0 Response to "Resep Bolen Pisang Coklat Keju. Nggak Kalah Sama Boleng Yang Terkenal Itu Lhoo"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel