MIE TELUR/MIE BASAH HOMEMADE. Bikin Sendiri Itu Lebih Enak dan Lebih Puas Makannya πŸ‘πŸ‘


Bagimanapun juga, mie homemade / buatan sendiri itu lebih enak dan lebih fresh rasanya dibanding mie instant. Apalagi kalau mie-nya buat campuran bikin mie ayam. Wajib banget tuh pake mie buatan sendiri biar enak.

Nah, mumpung pasta makernya belum ditaruh kembali ke atas lemari dapur, mau bikin mie ayam ah! Sekarang nyicil mie-nya dulu... Toping ayam dan lainya menyusul besok....

MIE TELUR/MIE BASAH HOMEMADE
By: Wawa wiati

Bahan :

  • 450 g tetigu protein tinggi misal cakra + 50 g tapioka (atau boleh 500 g tepung terigu saja)
  • 2 butir telur + 3 sdm minyak + air total 250 ml (boleh pake 1 telur aja atau tanpa telur sekalipun yg penting total bahan cair 250 ml)
  • Sejumput garam supaya mie tidak terlalu tawar.

Cara:

1. Aduk rata bahan kering.

2. Masukan bahan cair. Uleni sampai kalis kurang lebih 10 menit. adonan agak keras, jangan tergoda untuk nambah air yaaa... Nanti setelah digiling licin dan lembut kok.

3. Bulatkan adonan tutup wadah dengan lap basah lalu diamkan selama 30 menit. Uleni lagi sebentar.

4. Bagi2 adonan giling dengan pasta maker dengan ketebalan sesuai selera.

5. Saya mulai dari 1-3. Lalu giling lagi dengan gilingan mie. Taburi dengan tepung tapioka/terigu supaya mie tidak saling nempel. Rebus mie sebentar saja dalam air mendidih yang telah diberi 1-2 sdm minyak . Mie siap diolah.

6. Kalo tidak mau diolah langsung mie bisa disimpan tanpa direbus dulu dalam wadah kedap udara. Bagi2 mie dalam porsi kecil misal 100 g, gulung yang rapi lalu susun dalam wadah dan simpan di kulkas (tahan 1 mingguan di kulkas bawah  dan 1-2 bulan di freezer)

Sumber

0 Response to "MIE TELUR/MIE BASAH HOMEMADE. Bikin Sendiri Itu Lebih Enak dan Lebih Puas Makannya πŸ‘πŸ‘"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel