Resep Gulai Tunjang. Menu Favorit Yang Selalu Ada di RM Padang


Kali ini saya share resep salah satu menu favorit yang selalu ada di RM Padang, temen-temen ada yang suka gulai tunjang alias kaki sapi? nah kalau sudah mulai "ber umur" jangan sering-sering makan gulai tunjang yah, sekali-kali bolehlah.. ini pesen buat saya pribadi sih sebenernya, hehe..

Saya gak bikin sambel ijo karena di pasar lagi gak ada daun singkong yang bagus, apalah arti sambel ijo kalo gak ada rebusan daun singkong๐Ÿ˜… . Jadiii bikin terong balado aja, di tambah krupuk kulit & timun.. MasyaAllah

GULAI TUNJANG
by: @aras_galeri

Bahan :

  • 1 kaki sapi potong sesuai selera
    *yg motong penjualnya yah, sy lupa nimbang beratnya
  • Santan dari 1 kelapa tua
    *sisakan 1/3 gelas santan kentalnya
  • 4 lbr daun jeruk
  • 2 lbr daun salam
  • 1 lbr daun kunyit
  • 1 batang sereh
  • 1 asam kandis
  • 2 kapulaga
  • 1 bunga lawang
  • 2 jeruk nipis

Bumbu Halus :

  • 1.5 sdm cabe merah giling
  • 15 siung bawang merah
  • 7 siung bawang putih
  • 1 sdm lengkuas giling
  • 1/2 sdm jahe giling
  • 1/3 sdt kunyit giling
  • 1/2 sdt lada bubuk

Bumbu Optional :

  • 1/2 sdm pemasak kambing
    *ini bumbu rempah khas minang berupa bubuk, mirip kari bubuk
    *sila di googling untuk lihat penampakannya

Caranya :

1. Rebus tunjang sapi pake air perasan jeruk nipis dan garam (buang airnya), lakukan sampai 2x

2. Tumis bumbu halus dan daun-daun sampai harum, masukkan tunjang lalu aduk sampai bumbu rata, tuangkan santan, tambahkan asam kandis, kapulaga, bunga lawang, masak sampai santan mendidih lalu masukkan pemasak kambing

3. Setelah santan mendidih, tambahkan sisa santan kental, masak terus sampai tunjang empuk, bumbui dengan garam, boleh tambah kaldu bubuk non msg sesuai selera.

Selamat mencoba yaa :)

Sumber

0 Response to "Resep Gulai Tunjang. Menu Favorit Yang Selalu Ada di RM Padang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel