Resep Putu Bambu, Tapi Pake Daun Pisang. Hasilnya Tetep Enak!


Ini sebenernya Iseng aja sih nyobain apa iya bisa bikin putu sendiri di rumah dengan cetakan seadanya dari daun pisang. Dan ternyata bisa sodara2....

Hasilnya lumayan cantik dan empuk, enak banget dimakan hangat2 . Kalo udah dingin gak seempuk saat masih hangat tapi masih tetep enak kok. Ini bikin pake tepung kemasan yaa.... Lebih bagus lagi hasilnya kalo pake tepung dadakan. Dan kalo pake tepung dadakan gak perlu diciprati air dulu sebelum tepungnya dikukus krn tepung dadakan udah lembab.

PUTU BAMBU
By: Wawa Wiati

Bahan :

  • 250 g tepung beras
  • 120 - 140 ml air, tambahkan beberapa tetes pewarna hijau
  • 1/2 sdt garam
  • 2 lembar daun pandan
  • Secukupnya gula merah disisir halus
  • Secukupnya kelapa parut dicampur sedikit garam lalu dikukus

Cara:

1. Blender daun pandan dg 140 ml air. Saring, takar 140 ml. Campur dg garam. Sisihkan

2. Siapkan tepung beras, ciprati dg air biasa sampai agak lembab ( sekitar 40-60 ml), aduk rata lalu saring dg saringan kawat supaya teksturnya halus tidak ada yg bergerindil.

3. Bentuk gumpalan, kukus selama 20-30 mnt sampai setengah matang. Keluarkan dr kukusan. Hancurkan gumpalan tepung sampai kembali halus. Biarkan dingin.

4. Setelah tepung dingin tuangi dg air pandan sedikit demi sedikit sambil diaduk dg tangan sampai terbentuk adonan yg lembab agak bergerindil,air gak harus habis, selembabnya aja. Saring adonan dg saringan kawat sampai semua adonan menjadi butiran yg halus.

5. Isi kukusan dg air secukupnya, jangan terlalu banyak supaya gak nyiprati kuenya saat air mendidih. Panaskan kukusan, sampai airnya mendidih.

6. Sambil menunggu air kukusan mendidih kiita mulai mencetak adonan. Taruh cetakan daun di telapak tangan lalu masukan adonan tepung setinggi 1/2 cetakan, lubangi tengahnya dg telunjuk, isi dg gula merah lalu tutup lagi dg adonan tepung, rapikan.

7. Angkat kue putu dari telapak tangan dg hati2, pindahkan langsung ke dalam dandang, usahakan diletakan pas diatas lubang2 saringan kukusannya. Lakukan sampai adonan habis.

8. Kukus sampai matang kurang lebih 25 menit. Matikan api. Angkat kue dari kukusan, kalo ada yg lengket bisa disodok dg spatula plastik. Pindahkan kedalam piring, sobek/ gunting daunnya. Sajikan hangat dg taburan kelapa.

Sumber

0 Response to "Resep Putu Bambu, Tapi Pake Daun Pisang. Hasilnya Tetep Enak!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel