RESEP AMPYANG KACANG/GULA KACANG

Halo Bunda semuanya๐Ÿค—. Kali ini saya bikin Ampyang, klethikan jadoel tradisional yg sudah lama terlupakan. Jadi ini nostalgia banget buat saya...๐Ÿ˜‡

Buat yang belum tau, Ampyang adalah makanan tradhisional khas Jawa yang terbuat dari kacang tanah dan diberi gula jawa. Rasa ampyang itu manis dan gurih. Enak pokoke! hehe

Untuk membuat gula kacang (ampyang kacang gula merah) yang endessss, pakailah gula merah kualitas bagus. Terus ya, pas masak gula merah, masukin kacangnya saat air rebusan gula merahnya sudah habis atau tinggal dikit banget.

Kalau masukin kacangnya terlalu cepat, hasilnya nanti lengket :(. Ini resepnya ya :

AMPYANG KACANG/GULA KACANG Oleh @dapoersikoko

Bahan:

  • 100 gr kacang tanah, pilih yg kecil saja
  • 100 gr gula merah, sisir halus
  • 100 gr gula pasir
  • 80 ml air
  • 1 sdm air perasan jahe yg diparut

Cara Membuat:

1. Cuci bersih kacang, jemur sampai kering, lalu sangrai hingga matang. Angkat dan sisihkan.

2. Campur gula merah, gula pasir, air dan air perasan jahe dalam wajan, masak di atas api kecil sambil diaduk terus hingga mengental. Masukkan kacang, aduk rata. Angkat.

3. Selagi panas, ambil adonan kacang sesendok-sesendok, letakkan di atas niru/tampah yg sudah dibasahi air terlebih dahulu (atau nampan yg dialasi kertas roti). Biarkan ampyang mengering. Simpan dalam stoples yg rapat supaya kacangnya tetap renyah.

Catatan:
Untuk membuat ampyang, larutan gula harus kental sekali dan berambut. Ambil satu sendok makan larutan kental, lalu alirkan ke bawah. Jika larutan yg jatuh tersebut membentuk jalur-jalur seperti rambut, berarti larutan gula utk ampyang sudah jadi.

Sumber

0 Response to "RESEP AMPYANG KACANG/GULA KACANG"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel